Wednesday, June 26, 2013

Cara Cepat Deteksi Gejala Awal Stroke dengan "FAST"

JIKA ada anggota keluarga, rekan atau sahabat yang memiliki gangguan jantung atau pembuluh darah, maka tidak menutup resiko akan terkena stroke.

Karena itu, kita perlu mengetahui cara memeriksa deteksi awal ketika seseorang masuk ke dalam fase gejala kondisi awal stroke.

Seperti dijelaskan Dr. Grace Judio-Kahl, Msc, MH, CHt saat acara Philips Mom2Mom Talk di Rumah Sakit Bunda Menteng, Rabu (26/6), "Deteksi awal stroke bisa ditanggapi dengan FAST"

Apa yang dimaksud dengan FAST? Ini merupakan suatu cara cepat memeriksa kondisi sesorang jika diduga terkena gejala stroke.

Face: Periksa kondisi wajah dan perhatikan bagian mulut. Apakah ada kelainan, apakah ada kemiringan yang tidak biasa?

Arms: Pegang kedua lengan dan pastikan tanggapan orang tersebut. Rentangkan kedua tangan ke depan, dan pastikan kondisi lengan dapat merasakan sentuhan. Jika mati rasa, mungkin ini merupakan gejala awal.

Speech: Gejala stroke dapat dilihat jika terjadi gangguan bicara. Gangguan bicara dapat berupa keterlambatan respon atau kesulitan mengeluarkan suara dan ucapan.

Time: Jika sudah memastikan kondisi orang tersebut dan mendekati gejala-gejala stroke ini, langsung hubungi atau bawa ke rumah sakit dan lakukan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

No comments:

Post a Comment