Thursday, December 8, 2016

MERINDING BACANYA... RAMALAN ILMUWAN SETELAH KIAMAT...!! Inilah Yang Terjadi pada Bumi apabila Manusia Punah...

MERINDING BACANYA... RAMALAN ILMUWAN SETELAH KIAMAT...!! Inilah Yang Terjadi pada Bumi apabila Manusia Punah...

Pernahkah kita membayangkan jika bencana besar di muka bumi ini terjadi dan mengakibatkan punahnya manusia sebagai penghuni planet bumi ?

Lalu akan jadi seperti apa bumi ini tanpa kehadiran manusia di dalamnya ?

Berikut adalah ulasan yang telah dirangkum dari sisi keilmuwan yang diungkapkan dari berbagai ilmuwan konstruksi, fisikawan, ahli biologi perkiraan atau gambaran kehidupan di bumi ketika manusia sebagai makhluk utama di muka bumi ini punah.

10 hari setelah manusia punah.
Stasiun Pengisian Bahan Bakar (POM Bensin) kebanyakan sudah tak berfungsi, begitu juga beberapa pembangkit tenaga listrik yang menyebabkan pemadaman bertahap di seluruh dunia karena kehabisan bahan bakar. Beberapa pembangkit tenaga angin (driven turbin) masih bertahan untuk menyediakan listrik, tetapi tanpa perawatan mesin rotor akan rusak perlahan dari waktu ke waktu. Kebanyakan makanan telah membusuk di rak-rak supermarket maupun di dalam kulkas di rumah. Beberapa hewan peliharaan yang masih terjebak di dalam rumah dapat meminum air dari plafon yang bocor atau dari saluran PAM, namun sebagian besar berbagai hewan mati secara massal pada periode ini.

6 Bulan - 1 Tahun setelah Manusia punah.
Enam bulan tanpa manusia yang biasa menjadi predator mereka, hewan liar akan kembali masuk ke dalam area perkotaan. Predator kecil seperti coyote dan bobcats, yang biasanya berkeliaran di pinggiran wilayah penduduk, akan masuk menjadi warga baru pertama, diikuti selanjutnya oleh spesies besar seperti puma, serigala dan beruang. Setelah 1 tahun berlalu, tumbuhan juga mengambil alih, banyak rumput yang tadinya terawat menjadi area tumbuhan liar. Gulma tumbuh di celah-celah di jalan akhirnya membeuk lapisan tanah miskin hara. Tanaman dan ivy berakar dalam dan mulai merusak pondasi bangunan.

5 Tahun Setelah Manusia Punah.
Jalan-jalan raya kebanyakan mulai menghilang tertutup rumput liar. Seperti terjadi di London, Istana Buckingham akan dipenuhi dengan tanaman merambat dan lumut. Di Moskow, Red Square berubah menjadi hijau karena kehidupan tanaman. Di New York City, rumput besar Central Park menyemburkan pohon anakan dan beberapa lama akan menjadi hutan yang menyebar. Monumen Washington DC ditelan oleh tanaman hijau. Di kebun binatang, jika mereka berhasil melarikan diri, ada kemungkinan bahwa beberapa binatang seperti singa, harimau, gajah, dan badak masih dapat bertahan hidup di alam liar jika mereka bermigrasi ke iklim selatan Amerika Serikat.

20 Tahun Setelah Manusia Punah.
Struktur beton mulai retak dan runtuh sebagai siklus “freeze and thaw”, serta adanya serangan vegetasi. Tanpa manusia yang memelihara tanggul, kota-kota dataran rendah seperti Amsterdam dan London akan tenggelam. Sebagian besar kerangka bangunan yang terbuat dari logam akan korosi dan berkarat, jendela retak dan akan runtuh dari bangunan. Burung akan mengambil alih bangunan-bangunan itu sebagai tempat tinggal. Batang penyalur di atas gedung pencakar langit akan berkarat dan sambaran petir bisa membakar bangunan menjulang.

25 Tahun Setelah Manusia Punah.
Pada periode ini sebagian besar bangunan akan runtuh. Meski demikian, beberapa hewan masih bertahan hidup seperti kecoa dan serigala. Populasi serigala meledak dan mengikuti kawanan rusa ke daerah-daerah yang sebelumnya dihuni.

40 Tahun Setelah Manusia Punah.
Struktur kayu kecil, seperti pada bangunan rumah akan ambruk karena mereka diserang oleh jamur dan infestasi rayap. Meskipun mereka bisa berdiri selama bertahun-tahun, batu memburuk dengan cepat bila terkena garam seperti dari kotoran burung atau paparan air laut.
50 Tahun setelah Manusia Punah.
Tanpa pemeliharaan waspada, kabel baja dari Jembatan Brooklyn dan Golden Gate Bridge akan rapuh korosi dan struktur bangunan akan terancam untuk runtuh.

75 Tahun Setelah Manusia Punah.
Pada periode ini, sebagian besar dari sekitar 600 juta mobil di dunia, bahkan yang sempat menyandang mobil ramah lingkungan, akan berkarat dan menjadi rongsokan yang nyaris tak bisa dikenali. Ban akan kempes dalam beberapa tahun, tetapi karet sintetis dan komponen plastik akan masih tersisa selama berabad-abad.

100 Tahun Setelah Manusia Punah.
Jembatan Brooklyn dan The Golden Gate Bridge akhirnya runtuh ketika kabel kawat berkarat putus dan tidak dapat lagi menopang berat beton dan jalan. Dalam lingkungan yang terkendali dari lemari besi pelestarian, bahan seperti kertas dan film bisa bertahan 200 hingga 300 tahun, namun sekali terkena kelembaban dan suhu tidak diatur, mereka akan rusak dan umurnya akan menjadi separuhnya.

500 Tahun Setelah Manusia Punah.
Pada periode ini, struktur beton bertulang yang paling kuat akan runtuh setelah inti beton ikut rusak pada kelembaban. Semua peradaban modern akan lenyap, dan kota-kota besar menjadi tak dikenali karena ditumbuhi pohon-pohon.

1000 Tahun Setelah Manusia Punah.
1000 tahun setelah manusia tidak ada, sedikit sekali bukti yang tersisa dari umat manusia. Bahkan radio dan sinyal televisi yang dipancarkan ke ruang angkasa akan memudar. Semua bangunan yang dibangun oleh manusia jadi tidak dikenali lagi dan hanya tampak seperti pemandangan alam biasa. (FallAtLast)


No comments:

Post a Comment