Saturday, December 17, 2016

WOUWW AMAZING... MAU MAKANAN SEHAT BERGIZI SETARA DAGING NAMUN LEBIH MURAH DAN LEBIH SEHAT?? Profesor Ini Ungkap Fakta Tempe Punya Kandungan Setara Daging.

WOUWW AMAZING... MAU MAKANAN SEHAT BERGIZI SETARA DAGING NAMUN LEBIH MURAH DAN LEBIH SEHAT?? Profesor Ini Ungkap Fakta Tempe Punya Kandungan Setara Daging.


Anda pasti kenal makanan tempe kan??
Tempe merupakan makanan khas asli Indonesia. Hanya saja bagi sebagian orang, tempe masih kalah "pamor" dibanding jenis lauk-pauk lainnya seperti ikan, daging ayam dan daging sapi.

Padahal, seperti disampaikan Bapak Teknologi Pangan Indonesia, Prof Dr dr FG Winarno, tempe memiliki vitamin yang biasa ditemukan pada ikan, telur atau daging. Vitamin B12 yang dimaksud Winarno ini bahkan hanya bisa ditemukan pada tempe untuk sumber pangan nabati.

"Sehingga untuk orang yang menerapkan vegetarian, bisa mengonsumsi tempe untuk mendapatkan vitamin B12 ini. Karena golongan mereka kan tidak mengonsumsi daging," ujar Winarno, pada acara BioCamp Alumni Forum 2016 di Jakarta, Sabtu (3/12/2016).

Vitamin B12 ini, tambah dia, memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mencegah kekurangan darah dan membantu pengembangan otak dan saraf.

"Sehingga tempe ini sangat bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Karena dalam proses mengandung, otak dan saraf anak sedang terbentuk," tambahnya.

Bahkan, menurut Winarno lagi, nutrisi yang terkandung dalam tempe jauh lebih tinggi dibandingkan bentuk olahan kedelai lainnya yakni tahu. Tempe juga disebut lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sayangnya, manfaat dari mengonsumsi tempe tersebut masih belum banyak diketahui orang. Winarno menyebut bahwa masih banyak orang yang menganggap tempe sebelah mata.

"Untuk itu, saya, anak dan cucu saya, mendirikan Indonesian Tempe Movement untuk mempromosikan manfaat tempe, tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Cucu saya juga sedang aktif mengampanyekan tempe Indonesia ke kancah internasional di Oxford, Inggris," pungkasnya.


Semoga bermanfaat dan tolong di share ya....

No comments:

Post a Comment